Belajar fungsi pada JAVA

Fungsi.. dulu saya kebingungan memakai fungsi ( lumayan kebingungan karena masih buta dalam hal ini ).. tapi setelah dalam beberapa percobaan saya lumayan mengerti.. saya akan jabarkan hal yang telah saya mengerti..

Kita mulai dulu dari public, seringkali kita lihat kata public, mau di main atau fungsi lain.. apasih artinya...
Public itu secara garis besar adalah modifier.. 

Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun class dalam java. Ada empat macam modifier yang dikenal oleh Java, yaitu private, protected, public dan default.

Public adalah kode akses yang bersifat umum. dengan kata lain, data maupun method dalam suatu kodingan tersebut dapat diakses oleh semua bagian di dalam program. jadi seperti contoh yang seringkali kita pakai yaitu class Scanner, kita bisa membuat objek scanner langsung dengan mengimport class java.util.scanner, lalu kita buat objek Scanner input = new Scanner(System.in);
dikarenakan class scanner bersifat public.
Protected di gunakan untuk Menyatakan bahwa kelas/method/attribute tersebut dapat diakses oleh kelas lain yang berada dalam satu package atau kelas lain tersebut merupakan turunannya, yang penting masih dalam satu package..

Private adalah kode yang sesuai dengan namanya, akses ini bersifat private. dengan kata lain data maupun method hanya dapat diakses oleh kelas yang dimilikinya saja. semua fungsi di dalam class ini hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri..
adalagi satu yang dinamakan default tapi kita tidak akan membhas lebih jauh tentang ini dikarenakan penulis lagi sakit perut :D .. contoh tabel di atas



terus kita lanjut lagi dengan static.. 
Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diases oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan. ( akan saya jelaskan lebih lanjut pada post berikut )

Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta. contoh nyata yang seperti kita ketahui adalah phi, phi memiliki nilai tetap 3,14..dst.... atau nilai nilai lainnya yang sudah FIX tidak perlu kita ubah lagi..


next up VOID.. bukan faceless void ya.. hehe..


apasih void itu,..

 void itu adalah tipe kembalian, secara halusnya kita bilang, dia kerja langsung tampilkan..

contoh kode :
public static void cetak()
{

System.out.println("Helowwww");
}
public static void main(String[] args)
{
cetak();
}


nah di situ dia langsung cetak aja, adalagi yang namanya return return, gunanya buat kasi nilai, jadi ceritanya dia kerja, langsung kasi hasil, entah di fungsi main mau diapakah yang penting dia sudah kerjain..
contoh kode
public static String cetak()
{
String a = "HEEEELLLWWWWW";
return a;
}
public static void main(String[] args)
{
String tampilkan = cetak();
System.out.print(tampilkan);
}
nah dari kode diatas kelihatan jelas, bagaimana cara kita bisa memakai return dan void secara efektif..
nanti jika belum jelas kita akan bahas lebih lanjut tentang kembalian nilai void dan return ini..
;)

kita beralih ke kata main, singkat cerita main ini adalah fungsi utama, ketika kita RUN program, secara otomatis compiler akan cari fungsi main, kalau ini tidak ada, biar 1000000 fungsi yang kita buat pun tidak ada artinya, jadi walaupun kita buat fungsi baru setelah main, akan tetap terbaca..

oke sekian, kita akan lanjut materinya nanti lagi

0 komentar:

Posting Komentar